Pages

Tuesday, August 2, 2011

Innova Welcab, Mobil Khusus Penyandang Cacat

Innova Welcab
 http://www.tnol.co.id. Mobil Innova Welcab dirancang khusus sebagai solusi bagi penyandang cacat. Teknologi tempat duduknya sangat membantu dan memudahkan...
Bagi penyandang cacat kaki ataupun lanjut usia, tentu punya kesulitan tersendiri saat masuk ke dalam mobil. Dan, kesulitan yang dirasa tentu bukan untuk yang bersangkutan saja, tapi juga keluarga yang mendampinginya. Lantas, bagaimana solusinya?

Di luar negeri hal serupa dijawab dengan mobil yang dilengkapi kursi khusus. Sebutannya welcab car. Di Jepang peminatnya cukup banyak. Dan beberapa varian Toyota di sana juga dilengkapi dengan fitur ini, seperti Toyota Alphard.
Innova Welcab
Dealer-dealer Toyota di Indonesia menerima banyak pertanyaan tentang mobil itu, yang kemudian direspon Toyota-Astra Motor dengan menghadirkan Kijang Innova Welcab yang dihadirkan di ajang Indonesian International Motor Show 2011.



"Ada banyak pertanyaan tentang mobil seperti ini. Nah sekarang kami bawa ke Indonesia sekaligus untuk survei pasar," kata Anton Jimmy Suwandi, Communication Department Manager, PT Toyota-Astra Motor.
Seperti robot, kursi itu bisa menjemput keluar penumpangnya. Dengan gerakan lambat dan lembut, kursi akan bergerak keluar lalu turun hingga hanya berjarak sekitar 20 cm dari permukaan tanah.
Innova Welcab
Lalu penumpang bisa didudukkan dengan mudah di kursi itu. Kursi kemudian bergerak naik, memutar agar bisa masuk pintu dan berhenti di posisi sesuai kursi yang lain. Semua gerakan hanya dengan memencet tombol di samping kursi. Tidak perlu bantuan orang lain, penumpang bisa memencet sendiri.

Menurut Anton, Kijang Innova ini memiliki interior cukup besar, meskipun kursi khusus itu tidak membuat sempit ruang karena meknisme penggeraknya berukuran ringkas dan tersimpan di bawah kursi.

"Dan yang terpenting, karena Kijang Innova itu mobil keluarga, cukup lapang dan spesifikasinya memungkinkan," tambahnya.
Innova Welcab
Tapi, sayangnya, Toyota belum memasarkan mobil ini. "Kita sekarang masih ingin tahu respon konsumen soal spek, harga hingga volume penjualannya."

Soal harga, Anton memberi gambaran di Jepang harga fitur itu sendiri sekitar Rp 30-50 juta.

Meskipun belum ada yang masuk, namun secara kasat mata banyak pengunjung yang mengerubungi mobil itu dan sangat antusias menanyakan tentang sistem yang terangkum di dalamnya.